Selasa, Maret 17, 2009

PERSIAPAN MENGHADAPI UAS BN

MATERI LES KELAS 6 SD
BIDANG STUDI : BAHASA INDONESIA


I. Kata Depan di, ke dan awalan di , ke.
Tulislah huruf abjadnya saja ; a, b, c, atau d pilihan jawaban yang kamu anggap paling benar pada buku latihanmu!
1. Penulisan kata depan di di bawah ini yang benar adalah :
a. diperbaiki b. disekolah c. di ulang d. di atas
2. Penulisan awalan di di bawah ini yang benar adalah :
a. di pukul b. di pasar c. ditulis d. di Medan
3. Penulisan kata depan ke di bawah ini yang benar adalah :
a. ketertiban b. ke samping c. ke bersihan d. keatas.
4. Penulisan awalan ke di bawah ini yang benar adalah :
a. kedisiplinan b. ke celakaan c. ke pasar d. ke mana-mana.
5. Penulisan kata depan di dan ke adalah :
a. dirangkai b. bebas c. dipisah d. suka hati
6. Penulisan awalan di dan awalan ke adalah :
a. dipisah b. dirangkai d. bebas d. dipisah dan dirangkai
7. Kata depan di setelah dirangkai dengan kata yang mengikutinya akan menjadi :
a. keterangan waktu b. keterangan tempat c. keterangan alat d. keterangan cara
8. Kata yang menggunakan kata depan di atau keterangan tempat dapat diketahui dengan kata tanya :
a. di mana b. diapakan c. ke mana c. mengapa.
9. Di bawah ini yang merupakan kata berawalan di adalah :
a. disiplin b. dibina c. di kursi d. dinamo
10. Di bawah ini yang merupakan awalan ke adalah :
a. kemeja b. keberhasilan c. ketela d. kemarau.
11. Di zaman sekarang sawah pertanian telah diolah dengan :
a. kerbau b. robot c. pacul d. traktor
12. Ulah lintah darat itu meresahkan para petani. Maksud lintah darat adalah :
a. koperasi b. pedagang c. tengkulak d. pemerintah
13. Pada musim paceklik harga beras di pasar menjadi:
a. murah b. mahal c. sulit d. mudah
14. Semua murid membaca pengumuman itu. Arti imbuhan me- pada kata membaca adalah:
a. telah dibaca b. melakukan pekerjaan c. dapat dibaca d. tidak sengaja
15. Dalam hal kebersihan, desa kami memperoleh piala:
a. kalpataru b. paripurna c. citra d. adipura
16. Mereka ikut ( sukses ) program kali bersih. Kata dalam kurung seharusnya ditulis :
a. mensukseskan b. mengesukseskan c. menyesukseskan d. menyukseskan
17. Pak camat (kagum) cara kerja siswa SD Yapena. Kata dalam kurung seharusnya ditulis :
a. mengagumkan b. mengkagumi c. mengagumi d. dikagumi
18. Antonim turun tangan adalah :
a. naik tangan b. dingin tangan c. panjang tangan d. lepas tangan


II. ISIAN
1. Yang termasuk kata depan sejati adalah ……………………………
2. Yang termasuk imbuhan berupa awalan adalah …………………………
3. Kata depan di digunakan pada keterangan ……………….
4. Kata depan ke digunakan pada keterangan ……………….
5. Kata depan pada digunakan pada keterangan …………………
6. Kata depan dari digunakan untuk keterangan ………………

Cara Membuat Minuman Bandrek

CARA MEMBUAT BANDREK

Rebus air bersama gula merah, jahe, daun pandan, dan kayu manis hingga mendidih.
Masukkan kopi, matikan api.
Tuang susu cap NONA, aduk rata, saring.
Tuang di gelas saji, taburi kacang tanah sangrai.
Sajikan panas.

Si Rusa dan Si Kulomang

Cerita Rakyat Maluku
Si Rusa dan Si Kulomang
Pada jaman dahulu di sebuah hutan di kepulauan Aru, hiduplah sekelompok rusa. Mereka sangat bangga akan kemampuan larinya. Pekerjaan mereka selain merumput, adalah
menantang binatang lainnya untuk adu lari. Apabila mereka itu dapat mengalahkannya, rusa itu akan mengambil tempat tinggal mereka.
Ditepian hutan tersebut terdapatlah sebuah pantai yang sangat indah. Disana hiduplah siput laut yang bernama Kulomang. Siput laut terkenal sebagai binatang yang cerdik dan sangat setia kawan. Pada suatu hari, si Rusa mendatangi si Kulomang. Ditantangnya siput laut itu untuk adu lari hingga sampai di tanjung ke sebelas. Taruhannya adalah pantai tempat tinggal sang siput laut.
Dalam hatinya si Rusa itu merasa yakin akan dapat mengalahkan si Kulomang. Bukan saja jalannya sangat lambat, si Kulomang juga memanggul cangkang. Cangkang itu biasanya lebih besar dari badannya. Ukuran yang demikian itu disebabkan oleh karena cangkang itu adalah rumah dari siput laut. Rumah itu berguna untuk menahan agar tidak hanyut di waktu air pasang. Dan ia berguna untuk melindungi siput laut dari terik matahari.
Pada hari yang ditentukan si Rusa sudah mengundang kawan-kawannya untuk menyaksikan pertandingan itu. Sedangkan si Kulomang sudah menyiapkan sepuluh teman-temannya. Setiap ekor dari temannya ditempatkan mulai dari tanjung ke dua hingga tanjung ke sebelas. Dia sendiri akan berada ditempat mulainya pertandingan. Diperintahkannya agar teman-temanya menjawab setiap pertanyaan si Rusa.
Begitu pertandingan dimulai, si Rusa langsung berlari secepat-cepatnya mendahului si Kulomang. Selang beberapa jam is sudah sampai di tanjung kedua. Nafasnya terengah-engah. Dalam hati ia yakin bahwa si Kulomang mungkin hanya mencapai jarak beberapa meter saja. Dengan sombongnya ia berteriak-teriak, "Kulomang, sekarang kau ada di mana?" Temannya si Kulomang pun menjawab, "aku ada tepat di belakangmu." Betapa terkejutnya si Rusa, ia tidak jadi beristirahat melainkan lari tunggang langgang.
Hal yang sama terjadi berulang kali hingga ke tanjung ke sepuluh. Memasuki tanjung ke sebelas, si Rusa sudah kehabisan napas. Ia jatuh tersungkur dan mati. Dengan demikian si Kulomang dapat bukan saja mengalahkan tetapi juga memperdayai si Rusa yang congkak itu.
(Aneke Sumarauw, "Si Rusa dan Si Kulomang," Cerita Rakyat dari Maluku, Jakarta: PT. Grasindo, hal. 17-20)

Permainan Mengenali Teman

Permainan Mengenali TemanPeralatan : Kertas kosong, alat tulis untuk tiap pesertaJumlah Pemain : Berapa sajaWaktu : 10-12 menitTujuan : - Saling mengenal secara lebih mendalam- Berani Mengungkapkan diri- Melatih kecerdasanPemimpin membagikan kertas kosong kepada semua peserta. Seluruh peserta lalu menulis data pribadi mereka (nama lengkap, data keluarga, status, sekolah/pekerjaan, hobi, alamat, dan sebagainya). Setelah itu kertas yang sudah terisi dikembalikan kepada pemimpin. Lalu pemimpin memberikan lagi secara acak kepada peserta. Pemimpin memberikan waktu 2-3 menit kepada para peserta untuk menghafal data pribadi kawannya itu. Kemudian pemimpin menunjuk kepada salah seorang peserta dan bertanya kepadanya tentang data pribadi yang ia terima. Peserta harus mampu menjawab pertanyaan pemimpin. Sementara itu yang memiliki data pribadi harus memperhatikan benar/tidaknya jawabannya.

Permainan Mengenali Teman

Permainan Mengenali TemanPeralatan : Kertas kosong, alat tulis untuk tiap pesertaJumlah Pemain : Berapa sajaWaktu : 10-12 menitTujuan : - Saling mengenal secara lebih mendalam- Berani Mengungkapkan diri- Melatih kecerdasanPemimpin membagikan kertas kosong kepada semua peserta. Seluruh peserta lalu menulis data pribadi mereka (nama lengkap, data keluarga, status, sekolah/pekerjaan, hobi, alamat, dan sebagainya). Setelah itu kertas yang sudah terisi dikembalikan kepada pemimpin. Lalu pemimpin memberikan lagi secara acak kepada peserta. Pemimpin memberikan waktu 2-3 menit kepada para peserta untuk menghafal data pribadi kawannya itu. Kemudian pemimpin menunjuk kepada salah seorang peserta dan bertanya kepadanya tentang data pribadi yang ia terima. Peserta harus mampu menjawab pertanyaan pemimpin. Sementara itu yang memiliki data pribadi harus memperhatikan benar/tidaknya jawabannya.

Pantun 1

PANTUN

Jalan-jalan ke kota Kisaran
Singgah ke Sidempuan membeli salak
Sekarang kita melakukan penataran
Untuk meningkatkan kompetensi anak.

Pergi ke pasar membeli getuk
Tidak lupa membeli pisang molen
Dalam penataran kita mengantuk
Tidak mendapatkan ilmu Pak Belen.

Disini kita bertemu
Jangan sampai kita lupakan
Disini kita menimba ilmu
Di sekolah kita terapkan.

Kalau anda ke Kota Baru
Singgah sebentar ke toko batik
Kalau kita menjadi guru
Jadilah guru berakhlak baik.

Bila kita membuat rumah
Jangan lupa memberi atap
Kalau ada kata yang salah
Saya mohon beribu maaf.



Suparman, SD 2 Yapena

LAGU-LAGU KENANGAN

ADINDA
Trio Bimbo

Adinda oh sayang Adinda
Namamu tiada duanya
Adinda oh sayang Adinda
Dikau intan permata

Sejuk embun dini hari
Sesejuk tutur senyum kau beri
Hangatnya sinar matahari
Sehangat cinta yang kau beri

Ref :
Sejak ku mengenang dikau
Dunia nampak indah kemilau
Aku hanya hidup untukmu
Jangan , Jangan, jangan tinggalkan daku

Adinda oh Adinda sayang
Untukmu tiada duanya
Adinda oh buah hatiku
Kau dan aku selalu Satu




AKU INI PUNYA SIAPA
Best
Susah juga ternyata
Punya pacar bermata liar
Seringkali memalukan
Dibuatnya aku tiada berdaya
Mau marah percuma
Paling hanya menelan ludah
Daripada naik darah
Kuputuskan saja tali cintanya

Untung saja sluruh hidupku
Dapat ku jaga utuh
Sejak ku cinta dia
Hingga kini Berpisah
Oh syukur tiada ternoda

Aduh-aduh bisa gila
Punya pacar berhati dua
Aku ini punya siapa
Kuputuskan saja tali cintanya






AKU MAKIN CINTA
Vina Panduwinata

Sekian lama kita bersama
Di antara banyak peristiwa
Sering aku tak mengerti
Perasaanku padamu

Mungkinkah ini tandanya cinta
Ataukah perasaanku saja
Kini baru kusadari
Yang sesungguhnya terjadi

Ref. Ternyata aku makin cinta
Cinta sama kamu
Hanya kamu seorang kasih…ku…
Tak mau yang lain
Hanya sama kamu
Kamu yang terakhir
Yang ku cinta







BERIKAN DAKU HARAPAN
M.Yusuf

Berikan daku harapan
Kujadikan pegangan
Bila waktu pergi tlah tiba
Tunaikan tugas negara

Ucapkan janji setia
‘kan ku simpan di dada
Kujadikan permata hati
‘kan kupersembahkan nanti

Ref :
Tunaikan, tugasmu,doaku s’lalu
Menangkan, tugasmu, demi
Sluruh bangsamu

Jauh dimata kau nanti
Pergi ke perbatasan
Tapi s’lalu dekat di hati
‘ku bangga duhai pahlawan





CINTAMU TELAH BERLALU
Koes Plus

Kunyalakan api didalam tungku
dingin sekali waktu itu
namun jauh dingin dalam hidupku
sejak cintamu t’lah berlalu, berlalu, berlalu
Ha….ha….

Pernahkah engkau mencoba untuk
mengerti
aku ini orang yang tiada arti
Kau dengar lolongan anjing di
malam hari
menutup kesepian dan hampa
di dalam hidupku

Waktu hujan turun di malam minggu
dibawah payung ku berlindung
Sederas hujannya air mataku
sejak kau putuskan kasihku
kasihmu, kasihmu..
Ha….

RANGKUMAN SOAL IPA KELAS 6

RANGKUMAN SOAL IPA KELAS 6
KURIKULUM 1994 / SM : I

SOAL ISIAN :
PERKEMBANGBIAKAN MAKHLUK HIDUP
Makhluk artinya ………………..
Makhluk ada 2 macam yaitu …………………….dan………………………….
Ciri makhluk hidup antara lain : a)…………………………b)………………………………………c)……………………………d)………………………………………….e)……………………………………………………….
Berkembangbiak artinya…………………………….
Tujuan makhluk hidup berkembangbiak untuk……………………………………
Perkembangbiakan tumbuhan ada 2 macam yaitu ……………………………dan…………………
Perkembangbiakan secara generatif cirinya ditanam dengan………………………….
Perkembangbiakan secara generatif disebut juga perkembangbiakan secara…………………..
Perkembangbiakan vegetatif disebut juga perkembangbiakan secara…………………………
Perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif ada bermacam-macam antara lain : a)……………………….b)……………………………c)…………………………d)………………………………………….e)……………………………………f)…………………………………
Cara hewan berkembangbiak antara lain : a)………………………………...b)……………………………….c)………………………………
Ciri hewan yang bertelur adalah …………………………………………………………..
Ciri hewan yang beranak adalah……………………………………………………………………
Manusia berkembangbiak dengan cara…………………………….
Peristiwa jatuhnya serbuk sari ke kepala putik disebut ………………………………
Penyerbukan ada 3 macam yaitu : a)…………………b)…………………..c)……………………
Penyerbukan dapat dibantu oleh : a)…………………………b)…………………………c)……………………………………
Alat kelamin jantan pada bunga adalah……………………………………
Alat kelamin betina pada bunga adalah……………………………..
Contoh perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif alami yaitu………………………………………………………………………………………………..
Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan membelah diri adalah……………………………
Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan spora adalah……………………..
Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan akar tinggal adalah……………………………..
Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi lapis adalah………………………….
Contoh tumbuhan yang berkembamgbiak dengan umbi batang adalah……………………………
.Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi akar adalah………………………………
Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan geragih adalah …………………………………..
Contoh tumbuhan yang berkembangbiak dengan tunas adalah……………………………………..
Contoh perkembangbiakan tumbuhan secara vegetatif buatan yaitu : ………………………………………………………………………………………………………..
Tumbuhan yang dapat dicangkok adalah tumbuhan yang batangnya ber …………………………..
Contoh tumbuhan yang dapat dicangkok adalah……………………………………………………
Contoh tumbuhan yang dapat ditanam dg stek batang adalah……………………………………
Contoh tumbuhan yang dapat ditanam dengan stek daun adalah…………………………………..
Menempel mata tunas disebut juga …………………… contoh tumbuhan……………………..
Menyambung pucuk disebut juga…………………..contoh …………………………………..
Contoh tumbuhan yang dapat ditanam dengan merunduk adalah………………………………….
Sel telur yang sudah dibuahi disebut ………………………………..
Tahap perubahan bentuk yang dialami hewan dari telur hingga dewasa disebut…………………..
Metamorfosis ada 2 macam yaitu ………………………………dan …………………………….
Metamorfosis sempurna dialami oleh hewan ……………………………………………………….
Metamorfosis tidak sempurna dialami oleh …………………………………………………………
Metamorfosis kupu-kupu antara lain ……………………………………………… ………….......
Metamorfosis katak antara lain ……………………………………………………….
Metamorfosis nyamuk antara lain ……………………………………………………………..
Kepekaan makhluk hidup menerima rangsang disebut juga……………………………………
Tumbuhan akan bergerak ke arah ……………………………………………………..


POPULASI
Arti populasi adalah ………………………………………………………
Setiap anggota populasi disebut ……………………………….
Yang berperan penting dalam menjaga keserasian dan keseimbangan pertumbuhan populasi dengan lingkungannya adalah…………………………………………….
Tempat atau wilayah yang melindungi hewan dan tumbuhan dari kepunahan disebut …………….
Wilayah atau daerah yang khusus melindungi hewan disebut ……………………………….

ALAT INDERA
Kelima jenis alat indera kita disebut …………………………
Panca indera kita terdiri dari : a)………………………b)……………………..c)……………………..d)…………………….................e)………………………………….
Alis mata berguna untuk……………………………….
Kelopak mata berguna ………………………………………………..
Kelenjar air mata menghasilkan………………………..
Air mata berguna untuk ……………………………….
Selaput bening disebut juga …………………………berguna …………………………
Apabila kita menjadi donor mata, bagian yang disumbangkan adalah………………………….
Lubang masuknya cahaya pada mata disebut ……………………..atau……………………..
Apabila terang atau banyak cahaya, pupil kita akan ………………………..
Apabila gelap, pupil mata kita akan …………………………………..
Selaput pelangi disebut juga………………..berguna untuk ……………………………………….
Menurut bentuknya lensa mata kita adalah lensa………………………………….
Daya menebal dan menipisnya lensa mata kita untuk menyesuaikan dengan benda yang dilihat disebut daya……………………….
Bayangan benda yang dibentuk oleh lensa mata kita ditangkap atau diterima oleh………………..
Retina disebut juga ……………….
Ujung-ujng syaraf penerima terdapat pada……………………….
Besar kecilnya cahaya yang masuk ke mata diatur oleh…………………………….
Rangsangan yang diterima oleh retina diteruskan oleh …………………….menuju ke pusat syaraf yaitu …………………….
Sifat bayangan yang dibentuk oleh lensa mata kita adalah: a)………………….b)……………………….c)………………………………..
Rabun jauh disebut juga……………………yaitu tidak jelas melihat……………………
Rabun dekat disebut juga……………………yaitu tidak jelas melihat ……………………
Mata tua disebut juga………………………….yaitu tidak jelas melihat…………….dan………………
Rabun jauh ditolong dengan kacamata berlensa………………………atau………………….
Rabun dekat ditolong dengan kacamata berlensa……………………atau…………………..
Rabun tua ditolong dengan kacamata berlensa………………….dan………………..
Rabun ayam atau rabun senja kekurangan vitamin……………
Orang yang tidak dapat membedakan warna-warna disebut menderita kelainan …………………
Ada bermacam –macam buta warna yaitu :………………………………………………………………..
Telinga adalah indera ………………………..
Telinga manusia terdiri dari 3 bagian yaitu: a)………………………..b)…………………c)…………….
Telinga luar terdiri dari : a)………………………….b)………………………..c)……………………….
Telinga tengah terdiri dari : a)……………………b)………………………..c)………………………….
Tulang –tulang pendengaran terdiri dari : a)……………………b)…………………c)………………….
Saluran eustachius menghubungkan ruang telinga dengan rongga …………………
Telinga dalam terdiri dari: a)…………………….dan b)……………………………………
Indera pengecap adalah …………………….
Bintil-bintil lidah disebut……………………pada bintil-bintil lidah terdapat…………………………
Ujung lidah peka terhadap rasa…………………………Pada tepi lidah peka terhadap rasa…………………………..
Pangkal lidah peka terhadap rasa……………………..
Selain sebagai indera pengecap (perasa) lidah juga berfungsi sebagai ………………………………………dan………………………………………………………………….
Hidung sebagai indera……………………..dan sebagai jalan………………………………
Ketidakmampuan indera pembau untuk mencium bau dinamakan…………………………………….
Anosmia diakibatkan oleh beberapa hal yaitu : a)……………………………………………………………………………………………………………b)………………………………………………………………………………………………………….
Bagian hidung yang sensitif terhadap bau adalah bagian……………………………..
Rambut-rambut halus dan selaput lendir pada rongga hidung berguna untuk ……………………………
Kulit sebagai indera ……………………………..dan ………………………………………..
Kulit dibagi 2 bagian yaitu : a)………………………………..dan b)………………………………
Lapisan kulit luar disebut juga lapisan…………………dan lapisan kulit dalam disebut ………………..
Lapisan kulit luar terdiri dari : a)……………………………dan b)………………………………..
Lapisan kulit dalam terdiri dari ………………………………………………………………………….
103. Bagian mata yang memberi warna pada mata adalah……………………..
104. Bagian mata yang fungsinya sama dengan diafragma pada kamera adalah……………….
105. Getaran suara yang terlalu keras dapat menyobekkan ……………..
106. Jarak yang normal pada waktu kita membaca buku adalah………………….cm
107. Daun telinga berguna untuk ………………………………
108. Apa yang menyebabkan ukuran pupil berubah?...................................................................................

MAGNET
109. Sifat –sifat magnet yaitu : a)………………………………………..b)…………………………………..d)………………………………………………………e)………………………………….f)………………………..
110. Magnet dapat menarik benda yang terbuat dari…………………………………………………………
111. Kutub magnet adalah………………………………………………………………
112. Magnet mempunyai 2 kutub yaitu : a)…………………………….dan b)……………………………
113. Kutub magnet diberi nama kutub utara dan kutub selatan karena……………………………………………………………………………………………………
114. Gaya tarik magnet paling kuat terdapat pada………………………………..
115. Kutub senama didekatkan akan ……………………dan kutub tak senama didekatkan akan ………………………………………….
116. Medan magnet adalah…………………………………………………………….
117. Kata magnet berasal dari ………………………….di …………………………..
118. Magnet menurut bentuknya ada 5 macam yaitu ;…………………………………………………………………………………………………………..
119. Magnet menurut asalnya ada 2 macam yaitu :a)………………………….b)……………………………
120. Magnet alam adalah ……………………………………………………………………………………..
121. Logam yang dapat dibuat magnet adalh logam …………………..dan …………………………………
122. Perbedaan besi dan baja apabila dibuat magnet adalah : a)………………………………………………………………………………………………………….b)…………………………………………………………………………………………………………
123. Cara membuat magnet ada 3 macam yaitu : a)…………………………………….b)……………………………………c)………………………….
124. Cara induksi adalah ………………………………………………….
125. Cara menggosok adalah………………………………………………………………………………
126. Cara elektromagnet adalah…………………………………………………………………………….
127. Kebaikan elektromagnet adalah a)………………………………………………………………………………………………………… b)………………………………………………………………………………………………………
128. Kegunaan magnet untuk ; a)…………………………………………..b)…………………………………….d)……………………………………………………e)……………………………………………………………………..
129. Benda yang dapat dibuat menjadi magnet disebut ;…………………………………….
130. Benda yang tidak dapat dibuat magnet disebut ………………………………….
131. Dinamo sepeda menggunakan magnet berbentuk …………………………
132. Menurut bentuknya magnet pada kompas adalah magnet …………………………
133. Magnet yang kuat dan tahan lama terbuat dari ……………………
134. Jarum yang berwarna merah atau yang berwarna pada kompas selalu menunjuk arah………………..
135. Pada alat-alat berat menggunakan magnet ……………………………
136. Perbedaan sifat kemagnetan pada besi dan baja adalah………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
137. Gambarkan cara menyimpan magnet apabila kamu mempunyai 2 magnet batang!............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
138. Jelaskan cara menggunakan kompas!..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
139. Amoeba dan bakteri berkembangbiak dengan………………………………..
140. Kutub utara magnet bumi berada di………………dan kutub selatan magnet bumi berada di………….

LISTRIK
141. Pada batu baterai listrik mengalir dari kutub …………………..ke kutub………………………..
142. Rangkaian listrik ada 3 macam yaitu : a) …………………………….b)……………………………….c)…………………………………….
143. Rangkaian seri disebut juga rangkaian …………………………..
144. Rangkaian paralel disebut juga rangkaian ……………………………
145. Ciri rangkaian seri adalah : a)…………………………………………………………………b)…………………………………
146. Ciri rangkaian paralel adalah: a)…………………………………………………b)…………………
147. Arus listrik dapat menyalakan lampu apabila disusun dalam rangkaian………………………………..
148. Lampu akan mati apabila rangkaian listrik …………………….
149. Alat untuk memutus dan menyambung arus listrik disebut ………………………………
150. Rangkaian listrik di rumah-rumah dipasang secara……………………….
151. Logam penghantar listrik yang paling baik adalah ………………..
152. Benda-benda penghantar listrik disebut ………………………..
153. Contoh benda penghantar listrik adalah………………………………………………………………….
154. Benda yang tidak dapat menghantar listrik disebut…………………………………..
155. Contoh benda penyekat listrik adalah…………………………………………………………………….
156. Energi listrik dapat menimbulkan 2 hal yaitu……………………………dan………………………
157. Contoh penggunaan energi listrik yang menimbulkan panas adalah…………………………………………………………………………………………………….
158. Energi listrik di rumah – rumah bertegangan ……………volt atau ……………….volt.
159. Pada bola lampu terjadi perubahan energi listrik menjadi energi…………………..
160. Alat untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak atau energi putar disebut……………………
161. Energi listrik dapat diubah menjadi energi gerak / putaran contohnya ……………………………………………
162. Benda-benda yang dapat menghasilkan energi listrik disebut ……………………..
163. Sumber listrik ada 2 macam yaitu sumber listrik ………………………dan sumber listrik…………….
164. Contoh sumber listrik kimia adalah………………………………………………………………..
165. Accu disebut juga ………………………………
166. Contoh sumber listrik gerak adalah……………………………….
167. Dinamo raksasa disebut juga……………….
168. Perubahan energi yang terjadi pada PLTA adalah…………………………………………………..
169. Energi potensial adalah energi………………………………………..
170. Energi gerak disebut juga energi………………………………
171. Pada batu baterai knop tembaga sebagai kutub……………………..dan seng sebagai kutub…………..
172. Pada aki terjadi perubahan energi ……………………….menjadi energi……………………………..
173. Pada dinamo terjadi perubahan energi…………………….menjadi energi…………………………
174. Satuan tegangan listrik adalah……………….alat ukurnya………………………..
175. Satuan daya listrik adalah…………………………alat ukurnya…………………………..
176. Satuan arus listrik adalah………………………………alat ukurnya………………………………
177. Satuan hambatan listrik adalah………………………………alat ukurnya…………………………..
178. Pengertian tegangan listrik adalh……………………………….
179. Pengertian daya listrik adalah………………………………..
180. Alat untuk mengukur energi listrik disebut …………………………
181. 1 Kwh meter = ………………..wat jam.
182. 1jam = .....................detik.
183. 1 kwh = …………………………watt detik.
184. Rumus mencari / mengitung energi listrik adalah………………………………………………
185. Alat untuk mengukur arus, tegangan dan hambatan listrik menjadi satu disebut……………………….atau……………………………….
186. Korsleting artinya terjadi persentuhan ………………………………………………….
187. Korleting dapat menimbulkan………………………………………….
188. Alat untuk mencegah kebakaran karena dapat memutuskan arus listrik secara otomatis adalah…………………………………………
189. Gambarkan rangkain listrik seri 3 buah batu baterai dan 3 buah lampu!











190. Gambarkan rankaian listrik paralel 3 buah batu baterai dan 3 buah bola lampu!

SOAL PRA SUMATIF SEMESTER PERTAMA

SOAL PRA SUMATIF SEMESTER PERTAMA
KURIKULUM KTSP

Bidang studi : Bahasa Indonesia
Kelas : VI (enam)
Semester : I (pertama)
Sekolah : SD 2 Yapena

I. Tulislah soal, dan isilah titik-titik di bawah ini dengan isian yang tepat!
1. Formulir disebut juga …………………………
2. Daftar riwayat hidup disebut juga …………………………………
3. Gabungan dua buah kata yang mempunyai arti baru disebut…………………
4. Ciri frase adalah ……………………….
5. 3 Contoh frase adalah ………………………………………………….
6. Ciri kata majemuk adalah ……………………………………………
7. 3 contoh kata majemuk adalah ……………………………………….
8. Prosa adalah karangan…………………………………………………..
9. Mengubah puisi menjadi prosa disebut……………………
10. Struktur atau susunan kalimat lengkap, berpola……………………….
11. Ketika Anto sedang bermain sepeda kakaknya baru pulang dari sekolah.
Kalimat di atas seharusnya dibubuhi tanda……………………
12. Daftar riwayat hidup terdiri dari 3 bagian yaitu ………………………………………………..
13. Apabila kita akan menabung harus mengisi slip ……………………………
14. Surat untuk mengirim uang disebut…………………………………………….
15. Pengertian sajak pada pantun adalah ……………………………..
16. Bukti pengiriman uang disebut……………………….
17. Makna konotasi adalah arti kata ……………………..
18. 3 contoh kata bermakna konotasi adalah ……………………….
19. Baris pertama dan kedua pada pantun disebut …………………..
20. Baris ketiga dan keempat pada pantun disebut ………………………….
II. Kerjakan soal-soal berikut dengan tepat!
1. Buatlah 1 kalimat pengandaian!
2. Buatlah 1 kalimat anjuran !
3. Buatlah 1 kalimat kritikan !
4. Buatlah 1 kalimat pujian !
5. Buatlah 1 kalimat permintaan berupa kalimat tanya !
6. Buatlah 1 kalimat permintaan bukan kalimat tanya!
7. Buatlah 1 kalimat majemuk setara menggabungkan!
8. Buatlah 1 kalimat majemuk setara pertentangan!
9. Buatlah 1 kalimat majemuk setara pilihan!
10. Buatlah 1 kalimat majemuk bertingkat dengan keterangan waktu dan garis bawahi induk dan anak kalimatnya!
11. Buatlah 1 kalimat berpola SPOK!
12. Buatlah 1 kalimat aktif!
13. Buatlah 1 kalimat pasif!
14. Buatlah 1 kalimat langsung!
15. Ubahlah kalimat langsung yang kamu buat di atas menjadi kalimat tak langsung!
16. Buatlah 1 kalimat dengan kata kerja transitif!
17. Buatlah 1 kalimat dengan kata kerja intransitif!
18. Buatlah 1 buah pantun nasihat!

☺☺☺☺☺

SOAL PRA SUMATIF SEMESTER PERTAMA

SOAL PRA SUMATIF SEMESTER PERTAMA
KURIKULUM KBK

Bidang studi : Bahasa Indonesia
Kelas : VI (enam)
Semester : I (pertama)
Sekolah : SD 2 Yapena

I. Tulislah huruf abjadnya saja pada buku ulanganmu, pernyataan pilihan ganda di bawah ini yang kamu anggap paling tepat!
Paragraf berikut ini untuk soal nomor 1 sampai dengan 4.
Veri berbakat dalam bidang seni suara. Oleh karena itu, dua kali seminggu pada sore hari ia mengikuti les menyanyi di sanggar “Berti Musik”. Adiknya, Rey les juga, tetapi ia mengikuti les biola. Veri dilatih oleh Kak Berti sendiri. Ia belajar menyanyi dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat. Kini, bila ia menyanyi, suaranya sudah lebih merdu.

1. Tokoh utama dalam paragraf di atas adalah:
a. Kak Berti b. Veri c. Rey d. tidak ada.

2. Pokok pikiran paragraf di atas adalah :
a. Suara Veri sangat merdu. c.Veri berbakat menjadi penyanyi.
b. Kak Berti menjadi pelatih Veri d. Veri belajar dengan serius.

3. Bagaimana sikap Veri dalam berlatih menyanyi?
Jawaban yang tepat adalah :
a. Veri berlatih bernyanyi dengan sungguh-sungguh dan penuh semangat.
b. Veri mengikuti les menyanyi dengan sikap terpaksa.
c. Ya, Veri berlatih menyanyi dengan baik.
d. Veri menyukai bidang seni suara.

4. Veri berbakat dalam bidang seni suara.
Istilah lain untuk kata-kata yang dicetak miring adalah :
a. teknik menyanyi. c. pertunjukan lagu
b. olah vokal d. teknik vokal

5. Penulisan nomor surat yang benar adalah :
a. No : 23- SD 2 YPA – XII- 2006 c. No-23 / SD 2 YPA - XII / 2006
b. No. 23. SD 2 YPA.XII. 2006 d. No.23 / SD 2 YPA / XII / 2006

6. Kami ucapkan terima kasih kepada para hadirin atas kehadirannya. Acara ini kami laksanakan dalam rangka memeriahkan hari jadi SD Tunas II. Kalimat tersebut adalah penggalan :
a. pidato sambutan c. iklan
b. khotbah d. poster

7. Di bawah ini yang merupakan kalimat majemuk bertingkat adalah:
a. Ia langsung menendang bola setelah wasit meniup peluit.
b. Ibu menulis surat dan mengeposkannya ke kantor pos.
c. Adiknya rajin, tetapi kakaknya malas.
d. Kamu tinggal di sini atau kamu ikut dengan membawa raket itu.

Paragraf berikut untuk nomor 9 dan 10.
Penduduk Desa Bukit Indah beberapa minggu ini tampak sibuk panen. Mereka memotong padi dan mengangkutnya dari sawah ke rumah. Kemudian menjemurnya sebelum dimasukkan ke dalam karung atau lumbung. Selesai memotong padi, mereka langsung membabat batang padi, kemudian membakarnya.

8. Pokok pikiran paragraf di atas adalah :
a. Penduduk menjemur padi. c. Penduduk Desa Bukit Indah sibuk panen.
b. Penduduk Desa Bukit Indah membawa padi. d. Penduduk Desa Bukit Indah menanam padi.

9. Arti kata panen dalam kalimat pertama paragraf di atas adalah :
a. hasil sawah. b. menghasilkan c. mendapat untung d. Memetik hasil sawah.

10. Penulisan huruf kapital yang benar kalimat di bawah ini adalah :
a. Kota Medan terletak di pulau sumatera.
b. Danau Toba terletak di Pulau Sumatera.
c. Indonesia terdiri banyak Pulau-Pulau.
d. Air sungai musi mengalir deras.

11. Di bawah ini yang termasuk kalimat intransitif adalah :
a. Ali menulis surat di kamar.
b. Budi menendang bola di halaman.
c. Ani menangis di kamar .
d. Susi memotong sayur di dapur.

12. “Anak-anak, tata tertib di sekolah dan di rumah hampir sama,” kata Pak Hilman.
Bentuk kalimat tak langsung dari kalimat di atas adalah:
a. Pak Hilman berkata kepada anak-anak bahwa tata tertib di sekolah dan di rumah hampir sama.
b. Pak Hilman berkata, “Tata tertib di sekolah dan di rumah hampir sama.”
c. Mengapa tata tetib di sekolah dan di rumah hampir sama? Kata Pak Hilman.
d. Kata anak-anak tata tertib di sekolah dan di rumah sama.

13. Termasuk kalimat majemuk bertingkat adalah :
a. Kakak membuat prakarya dan adik bermain di lantai.
b. Ketika aku sedang belajar, Artha datang ke rumahku.
c. Ia anak pandai tetapi malas belajar.
d. Ia masuk sekolah atau pergi ke Medan.

14. Yang merupakan kalimat majemuk bertingkat adalah :
a. Ibu menulis surat dan mengeposkannya di kantor pos.
b. Kita pergi ke kolam renang atau supermarket.
c. Adiknya rajin, tetapi ia malas.
d. Ia pergi ke kolam renang setelah pulang sekolah.

16. Di bawah ini yang termasuk kalimat transitif adalah :
a. Rizal membaca buku di perpustakaan. c. Anto tidur di kamar.
b. Rizki menangis di kamar. d. Andi melamun waktu belajar.

17. Penulisan tempat dan tanggal surat yang tepat adalah :
a. Batuphat, 15 Juni 2005 c. Batuphat 15 Juni, 2005
b. Batuphat 15, Juni 2005 d. Batuphat 15 Juni 2005,

18. Di bawah ini yang merupakan bagian penutup surat adalah :
a. Sebenarnya banyak yang ingin kuceritakan, tapi sekian dulu,lain waktu kita sambung dulu.
b. Bagaimana kamu sekarang?
c. Mudah-mudahan kamu dalam keadaan baik-baik saja.
d. Banyak sekali pengalaman yang mengesankan selama aku menjadi murid SD Yapena.

19. Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang telah membayang
Batang usiaku sudah tinggi.

Isi puisi di atas adalah :
a. masa muda yang sangat indah.
b. hilangnya masa muda yang berguna.
c. terbayang akan hari kematian.
d. beribadah setelah usia tua.

20. Kata tanya mana digunakan untuk menanyakan :
a. tujuan c. pilihan
b. asal dari mana d. keterangan tempat


II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan isian yang tepat!
1. Kalimat yang tidak memerlukan obyek disebut kalimat…………….
2. Kalimat yang memerlukan obyek disebut kalimat…………….
3. Dalam band itu Roni bertindak sebagai pemain gitar. Profesi Roni disebut juga ………….
4. Pak Made berjasa dalam bidang seni. Beliau adalah seorang…………sejati.
5. Para penonton terpukau menyaksikan sendratari itu. Kepanjangan dari sendratari adalah ….
6. Sejak tadi pagi Riri duduk memainkan piano kesayangannya. Pertanyaan yang tepat untuk kalimat jawaban di atas adalah…..
7. ……….lama ia menekuni bidang seni teater itu?
Kata tanya yang tepat untuk kalimat tanya di atas adalah ……………
8. Masyarakat di desa belum banyak yang mengenal wartel. Wartel adalah singkatan dari …
9. Koran dan majalah (rupa) media komunikasi cetak. Kata dalam kurung seharusnya……..
10. Sejak koran masuk desa pengetahuan warga menjadi bertambah. Pertanyaan yang tepat untuk kalimat jawaban tersebut di atas adalah …………..
11. Kejadiannya kira-kira 3 bulan yang lalu. Saat itu aku sedang menunggu angkot di depan sekolah. Tiba-tiba sebuah sepeda menabrakku dengan keras.
Latar cerita di atas adalah ………….dan…………….
12. Wasit mengeluarkan kartu merah untuk kapten kesebelasan. Kapten kesebelasan berarti melakukan………………..Paman sedang bertugas ke padang………Bibi masuk ke rumah sakit.
Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah ……………..
13. Kalimat yang menyatakan ungkapan perasaan kagum, kesal dan gembira disebut kalimat…….
14. Ketika Anto sedang bermain sepeda kakaknya baru pulang dari sekolah.
Kalimat di atas seharusnya dibubuhi tanda………………
15. Formulir yang berisi identitas diri, riwayat pendidikan, dan pengalaman kerja adalah formulir ………
16. Arsitektur zaman dahulu dapat dilihat di Mesjid Raya Banda Aceh. Arsitektur artinya………….
17. Kini permainan gitarnya semakin meningkat. Awalan me- pada kata meningkat berarti …….
18. Bayu bergegas mengangkat telepon. Sinonim kata bergegas adalah …………….
19. Paman sedang menguliti kambing yang baru disembelih. Menguliti artinya …….
20. Kami sedang tidur nyenyak……….gempa itu terjadi. Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah …………

III. Kerjakan soal-soal berikut dengan tepat!
1. Buatlah 1 kalimat intransitif!
2. Buatlah 1 kalimat transitif!
3. Buatlah kalimat anjuran 1 saja!
4. Buatlah kalimat kritikan 1 saja !
5. Buatlah kalimat permintaan 1 saja!
6. Buatlah kalimat pujian 1 saja!
7. Buatlah 1 kalimat majemuk setara menggabungkan!
8. Buatlah 1 kalimat majemuk setara pertentangan!
9. Buatlah 1 kalimat majemuk bertingkat dengan keterangan waktu!
10. Buatlah 1 kalimat majemuk bertingkat dengan keterangan sebab!

☺☺☺☺☺